Monday, March 22, 2010

merawat tanaman di musim hujan

tentu sebagian dari kita merasa bingung dan kesal ketika harus merawat tanaman di musim hujan karena tanaman sering sekali terkena jamur dan hama, terkadang setelah kita beri pestisida pada tanaman kita, obat itu akan hilang (luntur) begitu saja dari tanaman yang telah kita siram atau semprot ketika hujan turun.
saya akan memberikan masukan untuk masalah tersebut di atas, bahan yang perlu anda siapkan adalah :
1 . siap kan air 1 atau 2 liter
2. obat insektisida (saya memakai decis yang harganya standar) ( cair)
3. obat fungisida (saya menggunakan polyzeb yang lebih murah) ( serbuk)
4. obat perekat (saya memakai merek Prostiker) (cair)
5. gembor atau alat semprot

setelah semua siap lalu semua di campur kemudian di panaskan dan di sajikan untuk 3 orang ( hehehehe jadi inget waktu baca bumbu masak)

ok kembali ke awal, caranya memang tidak jauh berbeda dari memasak, hanya tinggal di campur berdasarkan takaran nya saja.
pertama kita masukkan air ke dalam alat semprot atau gembor, kemudian masukkan 1 ml insektisida (decis), lalu 1 gr fungisida (polyzeb), dan 0.5 ml perkat (prosticker).
setelah semua jadi satu di dalam alat semprot kemudian di kocok agar semua tercampur merata, setelah itu semprotkan secara merata ke tanaman tersebut hingga terkena semua batang dan daunnya.
di sarankan kan waktu penyemprotan yang efektif adalah pagi hari atau sore hari, tapi sore hari kayanya lebih bagus dah, jadi pagi harinya hanya dengan air biasa saja
jika sudah terkena jamur atau hama lakukan seminggu sekali dan untuk pencegahannya sebulan sekali

fungisida = dithane (tepung), antracol (tepung, score (cair), polyzeb (tepung)
insektisida = Decis, matador, dursban, dll ( rata- rata cair)
obat perekat = prosticker, Agristic

mudah-mudahan bermanfaat n berguna dah, o ya bahan-bahannya cari di tukang kembang atau toko pertanian jangan di restoran oke.

tukar ke bahasa inggris

No comments:

Post a Comment